-->

Resep dan Cara Membuat Keju Sendiri

Cara Membuat Keju - Sebagai bahan pelengkap makanan dan membuat kue, keju juga menjadi camilan yang banyak digemari oleh semua kalangan, baik kalangan muda maupun tua. Rasanya yang gurih dan lezat, serta memiliki kandungan nutrisi, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan membuat keju banyak diminati dan dimanfaatkan sebagai pelengkap dalam hidangan makanan maupun membuat kue.

Keju merupakan produk olahan susu yang dibuat melalui proses pengentalan atau kougulasi yang bekerja memisahkan zat padat dalam susu. Bahan dasar pembuatan keju ini pada umumnya menggunakan susu sapi segar, namun tidak jarang juga keju yang dibuat dari susu kambing, domba, kerbau, unta bahkan susu kuda.

Resep Membuat Keju


Cara Membuat Keju


Sebagai produk olahan susu, keju memang dipasarkan dengan harga yang tidak murah. Namun anda juga dapat membuat keju sendiri di dapur anda. Telah banyak informasi mengenai Cara Membuat Keju yang dapat anda lihat di majalah atau situs internet.

Jika anda masih bingung untuk membuat keju sendiri dirumah, di bawah ini kami akan memberitahu beberapa Resep Membuat Keju yang dibutuhkan untuk membuat keju sendiri dirumah, seperti berikut:

Bahan-bahan:
  • 2 gelas susu segar
  • 4 sdt cuka makan / air lemon
  • Garam secukupnya


Cara Membuat Keju:
  1. Siapkan panci diatas wajah, lalu tuang susu dan masak hingga mendidih. Aduk sesekali agar susu tidak hangus atau lengket.
  2. Setelah mendidih, diamkan susu selama beberapa menit, lalu tambahkan cuka atau air lemon. Hal tersebut bertujuan untuk memisahkan zat padat pada susu dengan zat cair (whey). Aduk hingga rata selama 5-10 menit.
  3. Setelah menjadi gumpalan susu yang terpisah, siapkan saringan yang telah dilapisi oleh kain bersih untuk menyaring. Saring hingga benar-benar terpisah dengan air.
  4. Campur hasil perasan dengan garam secukupnya.
  5. Setelah tercampur, tuang hasil perasan tersebut kedalam wadah, lalu tiriskan.
  6. Masukkan ke dalam lemari pendingin untuk kemudian dinikmati seperti biasa.


Yang perlu anda perhatikan adalah keju mudah mengering jika terlalu sering dibuka dari wadah, maka dari itu lapisi wadah dengan kertas alumunium foil dan kemudian bungkus rapi, lalu masukkan ke dalam wadah tertutup rapat.

Cara Membuat Keju


Dengan mempraktekkan Cara Membuat Keju seperti diatas, kini anda dapat menikmati keju racikan anda sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak biaya, sebab bahan yang dibutuhkan juga sangat simple dan mudah dicari. Sekian ulasan mengenai Resep dan Cara Membuat Keju Sendiri, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda semua.
LihatTutupKomentar

1 Komentar

Cancel